16/08/08

Geladi di ANM gimana rasanya???

Geladi di Kandatel Lampung Unit ANM sangat banyak pengalaman yang dapat diambil dan diceritakan.
Setelah pembukaan Geladi dan pembagian tempat lokasi Geladi saya bersama teman2 satu lokasi geladi langsung berangkat menuju lokasi geladi di STO Kedaton.Saya (anggi), Ferdly, Dika, Novia, Rochety, dan Dita adalah peserta Geladi yang ditempatkan di ANM. Diminggu2 pertama Geladi terasa berat bagi kami, karena kami harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang terdiri dari para pekerja yang usianya jauh diatas kami.
Setelah sampai diTKP (hehe) kamipun langsung menemui salah satu pegawai disana dan menjelaskan prihal kedatangan kami.Setelah berbincang-bincang kamipun dipersilahkan masuk.Pak Parwoto adalah pegawai yang menerima kami, beliau menjelaskan bahwa Manager ANM serta pembimbing Geladi Kami sedang pergi keJakarta hingga hari Jumat.Kamipun dikenalkan dengan pak Farid (staf ANM), beliau memberikan sedikit materi dan mengajak kami touring beberapa ruangan yang ada disana.Dari ruang MDF,Speedy,Rectifier,sampai DLC.Banyak pelajaran baru yang dapat kami ambil dihari pertama.
Dihari kedua Geladi kami diajak untuk ikut kesalah satu lokasi Radio pemancar diNatar.Tidak banyak yang dapat kami pelajari pada hari itu.Rasa bosan dan Jenuh telah menhinggapi kami.DI STO Kedaton kami berkenalan dengan mahasiswa UNILA yang melakukan PKL,Martin dan Agung.
Hari2 selanjutnya kami masih belum dapat mengerti apa yang harus dilakukan, Kami hanya ngobrol2 dan bengong aja.
Dihari Ketiga barulah setelah pak Hari(manager ANM) dan pak Zaini (pemb.Lapangan) datang, Kami diberikan arahan tentang apa aja yang mesti dan kudu kami lakukan. Kami dibagi dua berdasarkan jurusan yang diambil.
Saya, Ferdly, dan Dika diberi tugas untuk mengevaluasi penaikan Bandwidth Speedy menjadi 1Mbps pada provinsi Lampung dengan pembimbing Pak Zaini. Novi, Rochety, dan Dita diberi tugas untuk memperbaiki WEB ANM dengan pembimbing Pak Gusti.
Untuk menyelesaikan tugas tersebut tim ANM Cowok (saya.Didi,Dika) harus mencari banyak refrensi tentang Speedy dan komentar pengguan speedy diberbagai forum internet.
Diminggu pertama dan kedua waktu banyak kami habiskan untuk mencari data dari internet (cie..ciee padahalma banyak ngenet yang laen).Selain mencari data kamipun diajak kelapangan untuk ikut dalam proses BTRK (Bedah Tuntas Rumah Kabel),ke KotaAgung dan Pringsewu untuk melihat pemasangan perangkat Speedy oleh ZTE dan yang paling menarik adalah kami ikut dalam proses changeover DSLAM Speedy di UPPMetro yang dilakukan pukul 04.00 pagi waktu setempat.
diHari Jumat minggu kedua kami melakukan persentasi tugas yang telah kami kerjakan sejauh ini. Dalam persentasi tersebut banyak yang mesti kami benahi dan tambahkan karena apa yang kami kerjakan tentang speedy terlalu melebar.
Capek euy...wah kebetulan diminggu ketiga ini ada pemecahan rekor muri untuk 1000 blog.Disana kami membagikan questioner tentang speedy yang berhubungan dengan tugas kami.Kamipun melakukan penelponan secara langsung kepada para pengguna speedy, wah..wah..malah banyak yang curhat nih para pelanggannya.Tanggapan dari mereka tentang speedy sangat bagus dan antusias....
Minggu2 selanjutnya kami ikut pak Jannes kelapangan untuk melakukan penambahan DSLAM sendiri..(wah2 jadi takut dan bangga juga karena diber kepercayaan).Kami bekerja dengan temen2 PKL UNILA..
Ternyata Asik dan menyenangkan juga...
Saya dan Didi diberi tugas untuk melakukan pengecekan port2 kosong speedy.Kerja sampai pukul 09.00 malam sudah menjadi kebiasaan bagi kami.
Banyak pengalaman dan pelajaran bergarga yang kami dapat,tau tentang Speedy (walaupun gak terlalu ngerti juga..hehe), Cara pemasangan port dan penjumperan,Ilmu urut kabel (BOHCA-PMHK), dan tau lokasi2 diLampung (jalan2 euy..)...

Diminggu2 terakhir kami semua baik tim cowok maupun cewek diminta bantuan untuk membuatkan dan mengajarkan blogger ke pegawai ANM.Karena Divre 1 akan ada pemecahan rekor muri juga...
banyak kegiatan yang dapat kami ikuti di ANM, ada upacara JAWARA tiap selasa, ada rapat laporan kegiatan tiap pegawai tiap Rabu, Ceramah agama tiap Rabu sore, serta makan gorengan tiap pagi dan mendapatkan kue kotak (kalo ada ibu arisan)..

Gk kerasa euy waktu geladi udah mau habis.padahal kami mersa betah..hehehe
yah semoga pengalaman ini menjadi bekal bagi kami untuk menjalani kehidupan yang sebenarnya nanti..

(rumah 16 agust 2008 08.20)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar